Mengenal Lembaga Sertifikasi Profesi

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) adalah lembaga sertifikasi profesi yang diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Lisensi tersebut diberikan melalui proses akreditasi BNSP yang menyatakan bahwa LSP yang bersangkutan telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan sertifikasi profesi. Sebagai organisasi taraf nasional yg berkedudukan pada daerah negara Republik Indonesia, LSP bisa membuka cabang pada kota lain. 

LSP memiliki beberapa jenis seperti berikut ini:

LSP P1

LSP P1 didirikan oleh lembaga pendidikan dan pelatihan (Lemdiklat)  yang melatih peserta untuk kebutuhan industri. LSP P1 dapat menerbitkan sertifikat kualifikasi sesuai dengan sistem yang telah divalidasi oleh BNSP. LSP P1 merupakan bagian tidak terpisahkan dari LPK (Lembaga Pelatihan Kerja), yang merupakan LPK tersendiri yang mendapat izin dari Kementerian Tenaga Kerja. Oleh karena itu pelatihan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses ujian sertifikasi yang dilakukan oleh LSP P1. LSP P1 dapat menggunakan program SKK-NI atau SKK khusus tergantung pilihan. 

LSP P2

LSP P2 mirip dengan LSP P1 tetapi dikelola oleh kementerian tertentu yang membutuhkan SKK terpisah dari kementerian itu sendiri sebagai dasar untuk pelatihan dan sertifikasi internal. LSP P2 dibentuk oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk memastikan bahwa jaringan UPT pelaksana Program sertifikasi kompetensi dapat diterbitkan menjadi tempat uji kompetensi (TUK) yang dibentuk oleh UPT tersebut dengan UPT lainnya. LSP P2 dapat menggunakan program khusus SKK-NI atau SKK tergantung pilihan. 

LSP P3

LSP P3 merupakan LSP umum yang dapat dibentuk oleh asosiasi profesi atau serikat pekerja. Ujian sertifikasi tidak boleh digabungkan dengan pelatihan khusus LPK mandiri atau UPT tertentu. Siapa pun yang memenuhi persyaratan dapat mengikuti ujian sertifikasi secara langsung, oleh karena itu LSP-P3 biasanya menggunakan SKK-NI. 

Kunjungi salah satu lembaga pelatihan digital marketing seperti LSP TD atau mitra trainer kami yang berpengalaman dan capable pada bidangnya di website resmi Indonesia Training Consultant.


0 Komentar